artikel publikasi psikologi

Nama                          : Diana anggraini
Nim/kelas                   : 11161201666 / gabungan
Mata kuliah                : Publikasi Psikologi

ARTIKEL ‘CABE-CABEAN’ DI KALANGAN REMAJA INDONESIA
Fenomena ‘cabe-cabean’ di masyarakat saat ini tengah marak diperbincangkan dari kalangan bawah sampai kalangan elit. Cabe-cabean memang sudah terjudstiikasikan dengan artian yang sangat buruk dan model pergaulan yang tidak benar.
Istilah ‘cabe-cabean’ adalah istilah gaul yang lagi tren saat ini. Istilah itu biasanya digunakan untuk menyebut sekumpulan anak perempuan berusia puber yang suka jalan-jalan bareng dengan pakaian yang mini seperti celana super pendek (hot pants) atau rok mini dengan kaos yang ketat. Biasanya pakaian yang dikenakan berwarna terang seperti merah jambu, merah, orange dan lain-lain. ‘cabe-cabean’ secara umum adalah :
·         Sering suka berpakaian mini
·         Senang menggunakan make up berlebihan seperti bedak yang tebal, blus on terang, dan lain-lain untuk menarik perhatian lawan jenis.
·         Sering terlihat berboncengan motor lebih dari dua orang biasanya bertiga (perempuan semua) dan tanpa helm.
·         Melajukan motor dengan kecepatan dengan cukup tinggi. Biasanya ditempat tongkrongan anak-anak motor. Tujuannya menarik perhatian lawan jenis.
·         Menggunakan gadget yang cukup update modelnya. Tidak lepas dari gadget. Dan mereka tidak segan-segan menggunakan gadget saat sedang mengendarai motor.
·         Mempunyai akun sosial media seperti facebook, twitter, path, instagram, dan lain-lain. mengupdate aktifitas yang mereka lakukan dengan cara mengupload foto beberapa kali dalam sehari.
·         Senang foto diri sendiri atau selfie. Setelah itu, foto itu mereka edit dengan aplikasi yang ada didalam gadget mereka agar hasil foto sempurna. Foto itu mereka unggah keakun media sosial yang mereka miliki.
Perilaku yang ditunjukkan anak-anak ‘cabe-cabean’ dapat mengganggu perkembangan psikologis meraka, karena terlalu seringnya mereka mengikuti jaman yang tengah berkembang seperti, harus memiliki gadget yang mahal, keren dan update, berpakaian mini yang menonjolkan bentuk tubuh mereka dan lain-lain. karena  begitu psikologis yang mereka miliki akan tidak berkembang sesuai dengan usia mereka.

Dengan maraknya istilah ‘cabe-cabean’ dikalangan remaja putri Menurut saya ini semakin mengharuskan orangtua atau keluarga untuk bisa mengontrol pergaulan buah hatinya agar tidak larut pada tren jaman sekarang yang bisa merugikan anak tersebut, orang tua juga senantiasa member nasihat atau pengertian kepada anak-anak remaja yang mereka miliki bagaiman bersikap dan bertindak sesuia dengan umur mereka hingga mereka tidak salah bergaul. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDORPHIN

ENDORPHIN